Apa itu Google Adsense???



Google Adsense

Apa sih Adsense Itu ? Well, untuk memudahkan Anda memahaminya, bacalah dengan seksama cerita saya berikut ini.
Sebelumnya saya ingin menyampaikan berita yang paling menggembirakan, bahwa Bisnis Google Adsense Itu sangatlah dahsyat!, Bisa memberikan anda penghasilan tambahan $0.1, $20 sampai $9,999,999… (duit betulan, bukan daun) bahkan tanpa batas, tanpa banyak modal atau dengan sangat banyak modal, gratis pula mendaftarnya, tidak sulit tapi bukan pula sangat gampang, anak abg saja bisa main tapi banyak orang tua yang belum tau sama sekali. Kalau Anda? pastilah Anda bisa!.
Kabar buruknya, jika anda belum mempunyai mental bisnis yang dahsyat maka anda hanya akan mendapatkan $1 atau dibawah $90, bahkan belum jadi dapat uang sudah mati duluan. Dijamin!, sudah terbukti, ribuan orang kapok main adsense.
Walaupun mendaftarnya gratis, ada banyak orang yang pada akhirnya mengeluarkan sangat banyak uang untuk benar-benar mendapatkan profit yang besar. Dan tetap ada resiko tidak jadi dapat, atau walaupun dapat tetapi tidak sebanyak yang diimpikan.
Bisnis Adsense itu bisnis betulan. Seperti bisnis pada umumnya maka yang dapat terjadi pada bisnis adsense anda ada 3 kemungkinan: Pertama adsense bisa sukses luar biasa, kedua: juga bikin stress dan bangkrut, ketiga: bisa juga biasa-biasa saja jalan santai apa adanya tanpa banyak target tanpa banyak beban tanpa khawatir. Anda pilih yang mana ya ?
Ok, lain waktu saya akan menuliskan bagaimana ceritanya kok bisa demikian (seperti saya tulis diatas).
Sekarang kita akan langsung pada ceritanya, apa itu adsense, bagaimana cara kerjanya dan mengapa kita bisa dapat uang dari Google Adsense ini.
Apakah Adsense Itu ?
Adsense itu bisnis milik perusahaan yang disebut Google. Anda pasti sudah tau Google bukan?. Google ini adalah perusahaan kelas dunia yang sangat kaya, websitenya Google.com, bisa juga Google.co.id
Nah, google.com ini sudah terlanjur dari dulu tekenal sebagai website tempat orang mencari sesuatu di internet ini. hampir semua informasi di dunia ini bisa dicari di Google. Karena orang sudah tau banyak orang mencari sesuatu di sana, maka semakin banyak pula orang yang MEMASUKKAN informasi mereka ke Google dengan harapan akan ketemu oleh orang yang mencari. Jadi Google itu adalah website tempat cari mencari.
Kalau mencari informasi di google, caranya cukup masuk ke websitenya Google.com dan ketikkan apa yang anda cari, tentu saja kalau sekedar mencari itu gratis. Sedangkan untuk memasukkan informasi milik anda di Google ada yang bayar, ada juga yang gratis. Bahkan tanpa kita masukkan pun, informasi yang telah kita tuliskan di website kita bisa masuk sendiri ke Google karena google itu memiliki robot yang keluyuran ke setiap website di dunia ini dan mengumpulkan informasi untuk disimpan di website Google itu sendiri.
Google semakin terkenal, semakin banyak orang ingin “memajang” informasi di sana atau mengiklankan diri di sana agar ketemu (kalau bisnis kemudian agar laku) maka jadilah website Google sebagai website periklanan, bisa iklan gratis dan tetap dahsyat (jika Anda Jagoan SEO), bisa juga berbayar untuk posisi khusus yang lebih sering muncul (walau anda tak menguasai SEO). Apa itu SEO ? silahkan baca di SEO Search Engine Optimization. Secara lebih luas, program periklanan bisa kita sebut sebagai pemasaran, dalam hal ini adalah pemasaran melalui internet, dan istilah kerennya adalah internet marketing.
Namun, jika informasi yang dikelola Google hanya tersentral di website Google.com maka itu masih sangat terbatas dan berarti untuk mencari informasi yang telah masuk ke Google harus pula ke website Google. Itu masih kurang cemerlang. Semakin banyak orang yang menggantungkan iklan mereka ke Google dan membayar tentu saja. Itulah yang membuat Google semakin kaya dan besar, dari program periklanan mereka. Di level ini Google masih bekerja sendirian. Terbatas pada sumber daya yang mereka punya saja.
Google mengerti tentang faktor kali yang dapat melesatkan bisnisnya tersebar ke seluruh dunia menggunakan website orang lain, tenaga dan waktu orang lain, Google kemudian tidak mau lagi bekerja sendirian. Google ingin, walaupun seseorang tidak mengunjungi website Google.com sekalipun orang tetap dapat menerima informasi yang berasal dari website mereka. Akhirnya Google membuat suatu jaringan iklan ke seluruh dunia menggunakan jutaan website orang lain untuk menayangkan atau menampilkan informasi iklan bisnis pelanggan Google (pelanggan yang membayar).
Dari pelanggan yang membayar inilah salah satunya Google dapat uang, pelanggan yang membayar ini disebut sebagai ADVERTISER, pelanggan ini memasukkan iklan mereka ke google melalui program yang disebut Google Adwords.
Sedangkan orang yang yang menyediakan sebagian space di websitenya untuk menampilkan iklan pelanggan google yang membayar tadi, disebut penayang atau PUBLISHER. Publisher ini tentu saja mendapatkan bayaran dari Google, karena publisher membantu Google menayangkan iklan mereka tadi. Anda punya gambaran sekarang ? Ya, program Google yang memungkinkan kita yang punya website untuk bekerjasama dengan Google menayangkan iklan mereka inilah yang kemudian disebut Google Adsense yang sekarang sangat terkenal itu. Rasanya gambaran anda sekarang sudah semakin jelas :)
Coba anda baca ulang 2 paragrap diatas untuk membedakan dengan jelas apa itu Advertiser dan apa itu Publisher.
Orangnya:
Advertiser = membayar ke Google, karena mereka beriklan.
Publisher = dibayar Google, karena membantu google menayangkan iklan.

Nama Programnya:
Google Adwords= untuk memasang iklan di google.
Google Adsense= untuk menayangkan iklan google.

Kalau sudah faham benar bedanya, silahkan lanjutkan membaca. Jika belum faham bedanya silahkan ulangi sekali lagi. Ini sangat penting agar pemahaman anda mantabbb!.
Ok, kita lanjutkan.
Bagaimana Cara kerjanya ?
Agar mudah, kita sebut saja orang yang menayangkan iklan google tadi (Publisher) adalah ANDA. Sedangkan pemasang iklan (Advertiser) adalah jutaan orang lain di dunia ini. Oke ?
Agar iklan google tampil di website anda, maka anda harus mendaftar dulu ke Google untuk ikut serta dalam program Google Adsense. Nanti Anda akan dapat kode adsense (Adsense Code) untuk diletakkan di website Anda. Adsense Code ini bukan iklan, melainkan kode program saja. Setelah ditempelkan di website Anda maka Adsense Code ini tadi akan mengambil isi iklan secara otomatis yang cocok dengan tema website Anda. Iklan yang sudah diambil tadi (di-load) kemudian akan tampil sebagai Iklan di Website Anda. Bentuknya seperti saya lingkari di gambar ini:
http://adsensemu.com/images/adsense-display-01.jpg
Jika topik website Anda tentang Tahitian Noni Juice, maka iklan yang muncul pun seputar Tahitian Noni Juice. Lain waktu kita akan membahas mengapa demikian. Yang perlu anda bayangkan sekarang bahwa iklan Google akan bersesuaian dengan isi website sehingga disebut targeted ads (iklan yang tertarget).
Jutaan orang memasang iklan mereka melalui program Google Adwords. Kemudian di Website Anda yang telah dipasang kode adsense akan muncul iklan seperti contoh gambar di atas. Setiap kali iklan Google yang tampil di website di website Anda tadi di-klik orang maka Anda dibayar oleh Google. Google dibayar siapa ? ya oleh jutaan pemasang iklan tadi yang iklannya diklik. Misalnya: Waktu diklik maka si Advertiser membayar Rp1000, Google ngambil Rp500 dan Anda dibayar Rp500 (ini contoh saja).
Pemasang iklan bayar sebagai biaya iklan. Seperti di koran atau di TV, orang kan bayar iklan walau belum tentu apa yang mereka iklankan laku, ya bayar sebagai biaya iklan. Google terima duit, Anda yang membantupun mendapat komisi. Kerja sama dalam bisnis periklanan yang saling menguntungkan.
Orang seperti Anda yang memilki website (tadi saya asumsikan anda sebagai pemain Google Adsense) jumlahnya jutaan orang atau mungkin ratusan juga di dunia ini. Iklan yang dipasang oleh advertiser melalui Google Adwords tadi pun tampil di jutaan website seperti milik Anda. Program periklanan atau pemasaran atau marketing seperti ini menjadi sebuah bisnis kelas dunia yang sangat besar. Dan karena dilakukan melalui internet maka disebut sebagai Bisnis Internet Marketing Yang Besar: Adsense Bisnis Internet Marketing!
Sekarang anda sudah faham konsepnya, bahwa Google Adsense adalah Bisnis Internet Marketing yang dahsyat. Anda juga sudah faham konsepnya mengapa pemain Adsense bisa dapat uang, dari mana dapat uang, mengapa dibayar dan siapa yang membayar.
Dengan menjalankan program Google Adsense Anda bisa memperolah penghasilan tambahanyang sangat besar. Dengan memasang iklan lewat program Google Adwords maka iklan Anda dapat tersebar seketika ke seluruh dunia. Kalau apa yang anda tawarkan di Google Adwords adalah bisnis yang dahsyat maka hasilnya bisa menjadi bisnis laris yang laku semakin dahsyat.
Ok, di artikel satu ini fokus kita hanya satu yaitu Arti Adsense sebagai Bisnis Internet Marketing.
Tentang bagaimana cara mendaftar Adsense, Apa saja yang harus dilakukan agar dapat uangnya, bagaimana agar Adsense anda mengalirkan semakin banyak duit, bagimana agar Adsense anda bisa berjalan bagai otomatis, dan sebagainya dapat Anda simak pada judul yang lain.
Jika Anda ingin belajar Adsense dengan sangat detail, bersama-sama ribuan orang lainnya (forum pembelajar Adsense) engan seorang guru internet marketing kelas dunia maka tempatnya adalah Asian Brain IMC.
Demikian dulu, semoga bermanfaat untuk Anda, Nantikan tulisan-tulisan saya berikutnya.
Terimakasih banyak.
Best regards
Mufli


Artikel Terkait:

Karena Google Adsense itu basisnya pada Content maka Rajin Menulis Adalah Kunci Sukses Bisnis Google Adsense. Rajin menulis akan berefek blog anda banyak isinya dan lebih mungkin terindex di Google....

Jika Anda menjalankan bisnis periklanan Google Adsense maka berarti Anda akan perlu menjadi akrab dengan website atau blog. Perlu bisa dan lancar membuatnya, membeli website, membuat content website,...

Beberapa diantara Anda tentu sudah menjalankan Google Adsense sejak lama, tentu sudah mulai menghasilkan. Beberapa lagi mungkin mendaftarnya saja masih belum diterima, beberapa lagi mungkin dapatnya...

Kalau bicara tentang Google Adsense maka sebenarnya topik ini dapat dikembangkan sangat luas. Google Adsensenya sendiri sebenarnya mudah, tinggal tempel saja kodenya di blog Anda maka kode iklan...

Blog Belajar Adsense Gratis dan Belajar PPC Lokal ini adalah blog pribadi milik Mufli, berisi beberapa artikel singkat dan tips seputar belajar Adsense dan bisnis periklanan PPC (Pay Per Click) lokal...



Related Blog:

Cara Cari Duit Di Internet, dengan judul Ngobrol Seputar Google Adsense di Surabaya, ringkasan isi: Setelah kemarin sukses menggelar acara training dan kopdar member CafeBisnis untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, kini giliran Surabaya kembali jadi tempat bertemunya penggiat bisnis online dalam...
Peluang Bisnis Iklan, dengan judul Peluang Bisnis Periklanan Google Adsense, ringkasan isi: Salah satu bisnis periklanan yang mudah dikerjakan dari rumah saja adalah bisnis periklanan seperti Google Adsense. Cara kerjanya dapat Anda baca disini: Google Adsense. Bisnis periklanan termasuk...
Cara Cari Duit Di Internet, dengan judul 5 Akun Google Adsense Gratis Buat Anda, ringkasan isi: Gratisan datang lagi! Kabar kali datang dari mas Zainal Abidin dari Adsense Express yang lagi berbaik hati kasih gratisan buat sobat CBers. Untuk memeriahkan acara Kopdar Ngobrol Seputar Google...
Cara Cari Duit Di Internet, dengan judul Ebook Panduan Google Adsense Segera Terbit, ringkasan isi: Kabar gembira bagi kawan-kawan member premium CafeBisnis. Setelah mengarungi 5 benua, 7 samudera dan 4 gurun pasir, halah bahasanya lebay!, akhirnya mas Lutvi berhasil memberikan satu persembahan...
Cara Cari Duit Di Internet, dengan judul AdSense for Domain makin Gampang, ringkasan isi: Dulu untuk bisa ikut adsense for domain, setidaknya anda harus tahu bagaimana mengatur CNAME, A, dsb. Dan sayangnya nggak banyak yang bisa melakukan ini. Alhamdulillah sekarang google memberikan cara...

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply

Iklan

Diberdayakan oleh Blogger.

Search this blog